Kawah Sikidang Fenomena Geyser di Dieng Plateau

Dataran Tinggi Dieng menyajikan alam ekstrim seperti kawah Sikidang dengan lava panasnya bergejolak menyembur keudara seperti geyser merupakan pemandangan mengagumkan yang berpadu dengan pegunungan menjadikan perjalanan tour ke Dieng Anda menjadi perjalanan liburan tak terlupakan. Kawah Sikidang sebuah fenomena geyser di Dieng Plateau berupa lumpur lava panas mendidih dan mendesis. Kawah Sikidang adalah salah satu aktivitas vulkanik yang masih aktif di dataran tinggi Dieng. Fenomena alam seperti geyser ini berada di kawasan vulkanik aktif di lembah Gunung Pangonan. Asap putih membumbung tinggi menyatu dengan bukit belerang berwarna silver ditumbuhi pohon manis rejo menghiasi kawasan Kawah Sikidang.
kawah sikidang dieng

Panorama alam di Kawah Sikidang

Kawah Sikidang Dieng menawarkan panorama alam menakjubkan. Para pengunjung dapat menyaksikan secara langsung semburan lava cair mendidih berupa lumpur kawah di dalam lubang raksasa berdiameter kurang lebih 50 meter seperti geyser. Lebih dari 1 lubang yang masih mengepulkan asap akibat adanya bekas ledakan di masa silam yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk melakukan aktivitas unik seperti merebus telur. Memang baunya agak aneh dan tidak lazim yaitu berbau sulfur, jadi para pengunjung disarankan mengenakan pelindung mulut dan hidung seperti masker.

Area obyek wisata Kawah Sikidang sangatlah luas sehingga para wisatawan bisa beraktivitas bebas. Tidak terhalang pengunjung lain ketika ingin mengabadikan foto karena banyak spot tersedia. Ketika ingin memasuki kawasan kawah utama, Anda akan melewati kawah-kawah mungil dengan suara mendidih dan mendesis terhimpit batu dengan gemerlap berwarna hijau emas dipancarkan oleh sulfatara. Jalanan panjang dan berkelok sepanjang 250 meter akan menghantarkan Anda menuju kepulan asap putih yang menjulang tinggi berpagar beton yang mengisyaratkan para pengunjung tidak boleh terlalu mendekat bibir kawah dimana kawah utama berada seperti geyser menyembur ke udara dengan suhu mencapai 100 derajad celcius. Saat memasuki area kawah Sikidang Anda akan disambut pasar tradisional yang menjual barang-barang atau makanan olahan khas lokal Dieng dan hasil bumi Dieng seperti buah carica, terung belanda, aneka kentang Dieng, wortel dan masih banyak lainnya. Kawah Sikidang adalah vulkanik aktif di Dieng Plateau penuh daya tarik yang akan menjadikan kamera Anda tetap sibuk. Dengan mendaki bukit mungil di bibir gunung Pangonan Anda akan menemukan keindahan alam memukau seluruh kawasan Kawah Sikidang Dieng. Perpaduan warna kian sempurna antara tanah sulfur, kubangan vulkanik, geyser, aneka tanaman menghijau dan dikelilingi pegunungan serta sumur-sumur geothermal mengalur hijau mengelilingi area kawah Sikidang ini sungguh akan membuat siapa saja ingin berlama-lama menikmati pemandangan alam karunia Tuhan yang tercipta sangat sempurna.

Cara menuju obyek wisata Kawah Sikidang

Obyek wisata Kawah Sikidang atau sebagai fenomena geysernya Dieng terletak di kawasan Plateau Dieng. Wisata Kawah Sikidang termasuk ke dalam destinasi wisata Dieng yang mudah dijangkau oleh setiap pengunjung yang datang karena memiliki lokasi yang sangat strategis dan dekat dengan obyek wisata populer lainnya seperti Telaga Warna ataupun Komplek Candi Dieng. Secara administratif, kawah Sikidang berada di area Desa Dukuh, Dieng Kulon Banjarnegara. Kawah Sikidang berada di jalan lingkar Dieng Plateau. Untuk menuju Kawah Sikidang bisa melewati kawasan Komplek Candi Arjuna, dari pertigaan utama Dieng bila dari arah Wonosobo mengambil arah kanan dan bisa juga melalui jalan raya Telaga Warna Dieng yang berada di sebelah kiri jalan dari pertigaan Dieng tergantung rute wisata mana dulu yang Anda inginkan. Lama perjalanan yang ditempuh dari Kota Wonosobo menuju area Kawah Sikidang Dieng kurang lebih 50 menit menggunakan kendaraan dengan jarak 27 km.

Harga tiket masuk wisata Kawah Sikidang

Kawah Sikidang adalah obyek wisata vulkanik di Dieng yang paling ramai dikunjungi wisatawan dibandingkan kawah-kawah Dieng lainnya. Harga tiket masing-masing obyek wisata di Dieng memanglah berbeda sesuai kebijakan pengelola dan pembinaan pemerintah setempat. Wisata Dieng dibagi menjadi 2 area yaitu area wisata Dieng bagian Wonosobo dan Banjarnegara. Kawah Sikidang termasuk ke dalam obyek wisata Dieng area pemerintah Kabupaten Banjarnegara. Berdasarkan keputusan pemerintah Banjarnegara, tiket masuk Kawah Sikidang dirangkap dengan tiket masuk obyek wisata Candi Arjuna. Jadi meskipun hanya mengunjungi salah satu obyek, para wisatawan harus membayar tiket yang sama.

Harga tiket masuk obyek wisata Kawah Sikidang dan Candi Arjuna sebesar Rp 15.000 untuk 1 orang dan sekali masuk. Harga tiket wisata untuk wisatawan mancanegara atau asing sebesar Rp30.000 / peserta. Tiket masuk wisata Kawah Sikidang akan di dapatkan di depan gerbang masuk wisata Kawah Sikidang. Sebagai informasi harga tiket masuk tersebut belum termasuk tiket parkir kendaraan. Harga parkir kendaraan mulai dari Rp5.000 hingga Rp 30.000 per kendaraan.

Berita dan Artikel