Liburan Musim Salju ke Dieng sedingin di Eropa

Ingin menikmati liburan musim salju tidak perlu pergi jauh-jauh menyeberang benua atau menuju Eropa? Dataran Tinggi Dieng merupakan inspirasi liburan musim salju di Indonesia yang tiba setiap tahunnya tatkala di musim kemarau. Dieng sering dijuluki sebagai Eropanya Indonesia karena terkenal dengan suhunya yang sangat ekstrim sehingga membuat wisatawan menggigil dan sibuk mencari tungku perapian.
liburan musim salju di dieng

Suhu Udara

Liburan musim salju di Dieng hadir setiap bulan Juli, Agustus dan September. Panorama alam Dieng di dominasi dengan pegunungan menjulang tinggi, areal pertanian luas, kawasan danau alami serta lembah yang mampu memikat hati wisatawan untuk mengaguminya apalagi saat musim dingin tiba di panorama alam Dieng terlihat menjadi lebih fantastis.

Ketika menikmati liburan musim salju ke Dieng, suhu udara di Dieng Plateau antara 3 derajad celcius hingga -3 derajad celcius. Dieng berada di titik nol derajad sehingga bisa berasa sedingin di Eropa. Embun-embun pagi di Dieng menjelma menjadi kristal-kristal es yang menempel pada dedaunan serta atap-atap rumah. Fenomena ini hanya muncul ketika tengah malam hingga pukul 06.00 pagi hari ketika cahaya matahari mulai memancarkan sinarnya dan mulai melelehkan embun beku ini. Embun es atau Kristal-kristal es yang muncul di Dieng saat musim kemarau sering dijuluki oleh warga sekitar dengan sebutan embun upas. Upas berarti racun, embun upas ini akan mematikan semua tanaman penduduk sekitar yang terselimuti embun upas menjadi gosong atau layu sehingga akan mempengaruhi hasil pertanian mereka dan saat musim salju itulah para petani lokal rugi karena tenaman mereka mati yang didominasi oleh tanaman kentang. Berbeda bagi para wisatawan, momen musim salju adalah peristiwa yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar pelancong untuk menyaksikan salju Dieng yang terhampar luas sehingga seperti sedang liburan di Eropa dan suhunyapun sedingin di Eropa.

Tidak semua kawasan di Dieng Plateau diselimuti Kristal-kristal es atau salju Dieng. Hanya sebagian besar lembah kawasan Desa Dieng (Plateau Dieng) yaitu di area obyek wisata Komplek Candi Arjuna, Telaga Balekambang, serta jalan menuju Telaga Warna dan muncul juga di area Gunung Prau (2.565 mdpl).

Musim salju di Dieng yang jatuh pada musim kemarau di Negara Tropis seperti di Indonesia ini menawarkan tempat paling sempurna untuk hunting foto. Tidak sedikit para photographer dan wartawan mengabadikan peristiwa membekunya butiran-butiran embun pagi ditengah suhu ekstrim. Orang-orang lokal Dieng juga berpakaian khas, mengenakan jaket, sepatu boot dan penutup kelapa serta mulai menghembuskan uap dingin seperti isapan asap rokok. Bersiaplah mengenakan jaket tebal, sepatu tebal, sarung tangan, dan penutup kepala jika tidak ingin lutut Anda membeku ditengah suhu nol derajad saat liburan ke Dieng Plateau di musim salju.

Berita dan Artikel