Panduan liburan keluarga ke Dieng Plateau

Dataran tinggi Dieng (Dieng Plateau) adalah destinasi yang tepat untuk liburan keluarga akhir tahun. Dieng merupakan gudangnya wisata alam, ada banyak hal yang bisa dilakukan putra putri Anda selama menghabiskan liburan akhir tahun ke Dieng. Mengajarkan anak untuk menghargai alam, mengenalkan kekayaan alam ciptaan tuhan dan belajar mensyukuri nikmat-Nya. Liburan keluarga ke Dieng di saat akhir tahun juga akan menambah pengetahuan berbasis alam untuk anak tentang flora endemik pegunungan, mengajarkan kepada putra putri Anda agar lebih mandiri contohnya dengan mengikuti acara trekking, atau mengasah adrenalin anak di kawasan wahana permainan seperti flying fox atau meyeberangi jembatan berutas tali dan balok kayu di antara keindahan alam Dieng yang memukau.
liburan keluarga ke dieng

Panduan Singkat Liburan Keluarga ke Dieng Plateau

Keindahan alam merupakan hal terpenting dalam liburan keluarga Anda, jadi tidaklah salah memilih Dieng sebagai destinasi wisatanya. Maka Dieng akan membuat Anda benar-benar terkesan. Menjelajahi bentangan vulkanik dan geothermal di Dieng dengan kolam lumpurnya yang bergolak, menapaki jejak nenek moyang menuju peninggalan-peninggalan kuno sebagai candi tertua di pulau Jawa beraliran Hindu. Memandangi aneka danau alami bekas letusan vulkanik berwarna jernih dan hijau pirus cerah, naik perahu di puncak gunung, barisan pegunungan menjulang yang membentuk ngarai indah, menyambut sang mentari terbit dengan awan melayang dan berkilauan, serta berenang di mata air panas di water park menjadi daya tarik utama yang indah dan akan membuat foto keluarga tampak mengesankan ketika menghabiskan liburan akhir tahun ke Dieng Plateau.

Liburan keluarga ke Dieng memang harus dipersiapkan sedini mungkin agar rencana menghabiskan moment akhir tahun kali ini tidak kacau karena Anda bersama dengan putra-putri serta keluarga tercinta. Anak-anak pasti memimpikan liburan ke Dieng mereka berjalan menyenangkan. Jadi mempersiapkan segala kebutuhan selama berlibur ke Dieng seperti akomodasi memang harus pikirkan secara matang dan terarah. Yang perlu di persiapkan ketika akan menuju ke Dieng Plateau adalah harus mengerti tentang iklim dan cuaca di Dieng, akomodasi, bagaimana menuju Dieng serta destinasi apa saja yang akan dikunjungi.

Iklim dan cuaca di Dieng

Iklim dan cuaca di Dieng hampir sama saja seperti di semua daerah di Indonesia karena beriklim tropis. Iklim tropis hanya memiliki 2 musim yaitu musim panas atau kemarau dan musim penghujan. Menurut perhitungan waktu orang-orang ahli di bidang ini, akhir tahun atau bulan Desember ialah bulan yang telah memasuki musim penghujan jadi ada beberapa yang harus di siapkan untuk mengantisipasi musim hujan saat liburan ke Dieng Plateau atau tidak menjadi suatu halangan yang fatal saat liburan akhir tahun dengan keluarga agar perjalanan berjalan hangat dan lancar.

Perlu diketahui suhu udara di Dieng untuk siang hari berkisar 12-17 derajad celcius. Suhu udaranya seperti batas minimal AC rumah jadi memang memerlukan pakaian hangat. Jangan lupa untuk menyelipkan jaket di koper Anda. Akan terlihat fatal jika jaket untuk anggota keluarga tertinggal di rumah. Jangan lupa pula menyiapkan sarung tangan, kaos kaki, penutup kepala, shal atau bisa juga membawa long john karena suhu malam hari untuk akhir tahun berkisar 7 derajad hingga 12 derajad celcius, cukup dingin bukan? Karena Desember musim penghujan, tidak bisa dipungkiri jika ketika mengunjungi obyek wisata terkadang diguyur gerimis jadi perlu dipersiapkan kembali jas hujan atau payung sehingga tidak menghalangi Anda saat berkunjung ke suatu obyek wisata Dieng.

Cara menuju Dieng

Dieng dapat ditempuh dari berbagai titik di Indonesia. Ada beberapa tempat sebagai acuan ketika ingin mengunjungi Dieng diantaranya Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Surakarta dan langsung dari Kota Wonosobo. Ke Dieng bisa dijangkau dengan banyak sarana transportasi seperti transportasi udara atau pesawat, kereta, bus bahkan menggunakan kendaraan sendiri. Bila Anda dan keluarga lebih nyaman menggunakan transportasi udara atau pesawat bisa turun di Bandara Adi Sudjipto Yogyakarta dengan lama perjalanan Jogja-Dieng kurang lebih 4 jam atau via Bandara Jenderal Ahmad Yani Senarang dengan lama perjalanan kurang lebih 4,5 jam.

Anda dan keluarga juga bisa menikmati perjalanan menuju Dieng dengan menggunakan kereta api. Untuk kereta api bisa turun di Stasiun Tugu Jogja, Stasiun Purwokerto dan Stasiun Tawang Semarang. Bila menggunakan kereta api direkomendasikan via stasiun Purwokerto atau Jogja karena jarak ke Dieng lebih dekat. Tidak dipungkiri juga untuk liburan keluarga mereka banyak yang membawa kendaraan sendiri dengan alasan menikmati perjalanan jadi bisa langsung datang ke Dieng dengan lama perjalanan sesuai dengan tempat Anda tinggal. Ada beberapa alternatif jika tidak ingin repot dan super sibuk mempersiapkan liburan akhir tahun ke Dieng sendiri jadi Anda bisa mengajak putra-putri Anda untuk memilih biro perjalanan wisata yang melayani ke berbagai destinasi wsiata Dieng. Banyak biro wisata lokal yang bersedia menjemput Anda sekeluarga sesuai permintaan.

Akomodasi di Dieng

Akomodasi yang harus dipersiapkan untuk liburan keluarga tahun baru ke Dieng berupa transportasi dan penginapan. Akhir tahun ialah moment yang ditunggu oleh anggota keluarga untuk liburan sesuka hati mereka, jadi banyak moment ini dimanfaatkan banyak orang. Cuti kerja para orang tua juga diambil pada waktu akhir tahun jadi banyak yang akan menghabiskan liburan akhir tahun untuk berwisata bersama keluarga karena anak-anak juga sedang libur sekolah. Karena momen ini jatuh disaat yang sama, banyak penginapan seperti hotel sudah full booked sebelum akhir tahun tiba. Jadi untuk menjaga ketersediaan penginapan maka disarankan untuk memesan jauh-jauh hari penginapan agar bisa memilih penginapan sesuai yang dinginkan.

Jenis penginapan di Dieng hanya ada hotel, guest house dan homestay. Dieng tidak ada penginapan berjenis hotel jadi hanya semacam guest house atau homestay. Homestay merupakan rumah penduduk yang sengaja di setting menjadi rumah istirahat untuk para wisatawan yang ingin menginap di Dieng. Homestay berada satu atap dengan tuan rumah. Ada homestay yang disewakan per kamar ada juga homestay yang disewakan per satu rumah tergantung keinginan pemiliknya. Harga homestay di Dieng untuk tahun baru Rp300.000 hingga Rp400.000 untuk 1 kamar yang biasanya dijual di low season Rp200.00 - Rp250.000. Anda perlu memberikan pengertian kepada putra putri bahwasannya homestay tidaklah memiliki fasilitas seperti hotel jadi lebih seperti rumah dan mengajarkan anak-anak untuk lebih sederhana serta memahami budaya masyarakat lokal.

Penginapan berjenis hotel hanya ada di pusat Kota Wonosobo yang jaraknya 26 km dari Dieng dan bisa ditempuh dengan lama perjalanan 45 menit menggunakan kendaraan. Jenis hotel yang ada di Kota Wonosobo diantaranya kelas melati, hotel bintang 2 dan hotel bintang 4. Harga hotel di Wonosobo memang sangat mahal dibandingkan dengan harga hotel yang ada di kota-kota lainnya jika dilihat dari jenis fasilitas yang diperolah. Untuk hotel kelas melati harga sewanya dari Rp175.000 hingga Rp 300.000 per 1 kamar standard 2 orang. Hotel ** untuk akhir tahun Rp675.000 - Rp 1.250.000 dan untuk hotel 4 star dibuka dengan harga mulai Rp950.000 - Rp2.500.000.

Akomodasi transportasi saat liburan ke Dieng sangat dibutuhkan bila Anda dan keluarga tidak dengan menggunakan kendaraan sendiri. Karena lebih memilih naik pesawat, kereta api, bus umum atau travel. Dalam hal ini juga harus dipersiapkan secara matang bagaimana cara menuju Dieng dan menggunakan transportasi seperti apa setibanya di stasiun, bandara atau terminal bus. Anda bisa menyewa kendaraan atau rental mobil atau ikut paket. Pemesanan kendaraan juga harus dilakukan sedini mungkin untuk menjaga ketersediaannya untuk liburan akhir tahun Anda.

Destinasi wisata di Dieng untuk liburan keluarga

Dieng menyuguhkan pemandangan alam beragam dan spektakuler. Kebanyakan destinasi wisata di Dieng Plateau adalah mengajarkan Anda sekeluarga agar lebih dekat dengan alam. Udaranya sejuk, tenang serta jauh dari riuh hilir mudik kendaraan atau polusi inilah yang diimpikan warga perkotaan. Sekali-kali putra-putri Anda perlu diasingkan dari keramaian kota agar meraka lebih fresh dan menghabiskan liburan tanpa beban agar bersemangat kembali menimba ilmu setelah menikmati liburan akhir tahun.

Ada beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi untuk liburan keluarga di akhir tahun diataranya Gardu Pandang Tieng, Komplek Candi Arjuna, Telaga Warna, Museum Kailasa, Kawah Sikidang, Telaga Warna, Padang Savana, Bukit Sidengkeng, Telaga Dringo, Batu Pandang (ada wahana flying fox dan jembatan merah putih), Sunrise Sikunir, naik perahu di Telaga Menjer, menyaksikan proses pengolahan teh, berendam dan bermain di water park Dieng, serta mencicipi aneka kuliner khas Dieng seperti buah carica dan mie ongklok.

Berita dan Artikel